Senin, 01 Juni 2015

6 Cara Merawat Flash Disk Agar Tahan Lama

6 Cara Merawat Flash Disk Agar Tahan Lama. Kebutuhan akan tempat penyimpanan data yang relatif besar dan mudah digunakan membuat flashdisk menjadi barang yang wajib dimiliki. Apalagi bentuknya yang mungil menjadikan flashdisk perangkat yang diciptakan  tahun 1998 ini demikian praktis untuk dibawa kemana-mana.

Agar flashdisk tetap terjaga dan bisa bekerja dengan  baik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan seksama dalam Merawat Flash Disk Agar Tahan Lama.

Berikut ini ada 6 Cara Merawat Flash Disk Agar Tahan Lama:


1. Menjauhkan flashdisk dari benda-benda yang memiliki medan magnet yang kuat seperti televise, radio dan ponsel. Medan magnet yang terlampau kuat menjadi  hal yang kerap membuat flash disk tidak awet.

2. Hindari flashdisk terkena suhu panas yang terlalu tinggi, percikan air dan benturan karena hal ini sudah dipastikan dapat merusak flashdisk secara permanen.
Dipasaran Anda bisa menemukan beberapa merek yang tahan air dan benturan, namun kendati demikian tak ada  salahnya bukan untuk mencegah hal-hal tersebut?

3. Pastikan saat Anda meng-copy ke flashdisk data tersebut  sudah bebas dari serangan virus. Kalau flash disk sudah terjangkit virus yang berbahaya, tak jarang satu-satunya solusi dengan men-format ulang. Langkah ini justru dikhawatirkanakan membuat usia flash disk menjadi lebih pendek.

4. Jangan lupa untuk selalu menggunakan perintah stop atau eject sebelum Anda melepas flashdisk dari port USB. Selain membuat flash disk cepat rusak, mencabut sembrono bisa membahayakan data yang ada didalamnya. Jangan lupa untuk selalu menggunakan  tutup flash disk supaya terhindar dari kotoran.

5. Sangat dianjurkan untuk tidak terlampau sering melakukan proses hapus tulis mengingat flashdisk juga memeliki usia yang terbatas.

6. Demikian pula saat bekerja , simpanlah data atau dokumen di dalam hard disk terlebih dahulu, jangan langsung ke flashdisk. Hal ini dilakukan agar temporary file tidak akan tersimpan didalam flash disk. Maksudnya temporary file tentunya akan menambah tugas flash disk dan otomatis mengurangi usianya.

Semoga penjelasan 6 Cara Merawat Flash Disk Agar Tahan Lama tersebut dapat membantu kita untuk tetap menjaga atau tidak sembrono dalam menangani flashdisk yang kita punyai.

Semoga Bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar